Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah bentuk mata uang digital yang dibuat dan dikendalikan secara elektronik. Jadi, tidak ada seorangpun atau bank manapun yang mengontrolnya. Dengan kata lain Bitcoin merupakan mata uang yang terdesentralisasi. Bitcoin pertama kali ditemukan oleh seseorang yang mempunyai nama alias Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Saat ini nama "Satoshi" digunakan untuk menyebut fraksi terkecil Bitcoin. Satu satoshi mempunyai nilai setara dengan 0,00000001 Bitcoin.
Setiap transaksi Bitcoin tidak memerlukan perantara dan tidak memerlukan identitas asli pengirim maupun penerima. Meskipun setiap transaksi Bitcoin tercatat di log dan dapat dilihat publik, Bitcoin tetap menjadi pilihan untuk bertransaksi secara anonim karena yang dicatat hanyalah alamat dompet/wallet digital pengirim dan penerima. Dengan Bitcoin transaksi uang antar negara dapat dilakukan dengan sangat mudah karena Bitcoin tidak terkena regulasi apapun di negara manapun. Tidak ada Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengirim atam menerima Bitcoin. Akan tetapi ada beberapa dompet digital yang mengenakan biaya dari 0.00001-0.0001 Bitcoin untuk biaya transaksi.
Bitcoin banyak digunakan orang-orang yang mempunyai bisnis karena kemudahannya dalam bertransaksi, banyak pula orang yang menjadikan Bitcoin sebagai investasi. Mereka membeli Bitcoin dengan harapan dapat menjual Bitcoin kembali pada saat harga Bitcoin melambung. Untuk pemula, Bitcoin dapat diperoleh dengan mudah di tempat exchanger. Di Indonesia, Anda bisa membeli Bitcoin di vip.bitoin.co.id.
First