Dompet Digital Bitcoin

Dompet Bitcoin menyimpan kunci privat (private keys)yang Anda perlukan untuk dapat mengakses suatu alamat Bitcoin dan untuk meggunakan Bitcoin yang tersimpan didalamnya. Ada lima jenis dompet Bitcoin, diantaranya: desktop, mobile, web, kertas dan perangkat keras/hardware. Berikut merupakan cara kerja dompet-dompet tersebut:
Dompet Desktop (Desktop wallets)
Untuk menggunakan dompet desktop, Anda perlu menginstal terlebih dahulu Bitcoin Core (Bitcoin client original) yang dapat Anda download disini. Dengan software ini Anda dapat membuat alamat bitcoin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi Bitcoin baik itu untuk mengirim atau menerima Bitcoin, Anda juga dapat menyimpan kunci privat (private keys) dari alamat Bitcon. Selain Bitcoin Core, ada juga dompet desktop lainnya seperti MultiBit dan Hive. MultiBit dapat digunakan penguna sistem operasi Windows, Mac OSX, dan Linux sedangkan Hive hanya untuk pengguna Mac OSX. Beberapa dompet disesuaikan untuk mereka yang membutuhkan keamanan lebih untuk Bitcoin yang mereka simpan, salah satunya ialah dompet Armany. Ada pula dompet yang fokus pada anonymity seperti DarkWallet. DarkWallet menggunakan plugin browser yang ringan yang menyediakan layanan dimana koin yang dimiliki user ditukar dengan koin milik pengguna lain agar mencegah o.rang lain melacaknya.
Dompet Mobile (Mobile wallets)
Dompet desktop sangat baik digunakn untuk menyimpan Bitcoin, akan tetapi dompet tersebut tidak berguna apabila Anda sedang tidak menggunakan desktop seperti pada saat Anda di luar rumah atau jalan-jalan dan ingin menghabiskan Bitcoin yang Anda miliki. Inilah alasan dibuatnya dompet mobile. Dompet mobile merupakan aplikasi yang dapat And instal di smartphone yang Anda miliki. Dompet tersebut digunakn untuk menyimpan kunci privat untuk mengakses alamat Bitcoin Anda agar Anda dapat melakukan transaksi pembayaran langsung dari handphone. Conto-contoh mobile wallets diantaranya: Bitcoin wallet, Mycelium, Xapo dan Blockchain.
 Aegis Bitcoin Wallet
Ada juga jenis dompet lain yang termasuk ke dalam mobile wallets, seperti CoinPunk dan dompet Bitcoin Aegis yang mendukung Android smartwatches.
Dompet Online (Online Wallets)
Dompet jenis ini menyimpan kunci privat yang Anda miliki secara online pada sebuah komputer yang dikontrol oleh orang lain dan terkoneksi ke Interet. Beberapa online wallets terhubung ke mobile wallets dan desktop wallets. Satu keuntungan dari online wallets adalah Anda bisa mengaksesnya dari manapun, tidak peduli jenis perangkat yang Anda gunakan. Akan tetapi mobile wallets juga memiliki sisi negatif yang besar yaitu adanya kemungkinan Bitcoin yang Anda miliki bisa diambil oleh orang atau pihak yang menyimpan kunci privat akses dompet Anda. Berikut adalah contoh dompet online (mobile wallets) yang banyak digunakan para pengguna Bitcoin.
Coinbase, sebuah dompet/pertukaran bitcoin yang terintegrasi yang mengoperasikan dompet onlinenya di seluruh dunia. Pengguna-pengguna  yang berasal dari Amerika dan Eropa dapat membeli Bitcoin melalui layanan pertukaran di Coinbase.
Circle menawarkan pengguna-pengguna di seluruh dunia kesempatan untuk menyimpan, mengirim, menerima dan membeli Bitcoin. Saat ini hanya warga Amerika Serikat yang dapat menghubungkan rekening bank mereka untuk melakukan deposit. Untuk selain Amerika Serikat, kartu kredit dan debit dapat dijadikan pilihan.
Blockchain dompet blockchain adalah yang paling popular di kalangan pengguna Bitcoin.
Strongcoin menawarkan hybrid wallet, yang memperbolehkan penggunanya untuk mengenkripsi sendiri kunci privat alamat Bitcoin mereka sebelum mengirimkannya ke server.
Xapo mentargetkan untuk menyediakan dompet bitcoin yang simple dengan keamanan yang ditambahkan.
Dompet Perangkat Keras (Hardware Wallets) 
Saat ini dompet perangkat keras sangat terbatas jumlahnya. Berikut adalah contoh hardware wallets:
- Trezor Hardware Wallet
 Trezor hardware wallet ditargetkan untuk pengguna Bitcoin yang ingin menyimpan sejumlah Bitcoin akan tetapi tidak ingin bergantung pada pihak ketiga penyedia layanan penyimpanan Bitcoin.
- Ledger USB Wallet
Ledger USB Bitcoin Wallet menggunakan pengamanan smartcard dan dapat dibeli dengan harga yang relatif murah.
- Keepkey Hardware Wallet
Keepkey merilis hardware wallet pada September 2015.
Mycelium, Cryptolabs dan BitStash saat ini sedang mengembangkan hardware wallets. Ada pula  Nymi sports wristband yang diumumkan 4 Februari 2014 yang bisa digunakan sebagai dompet bitcoin dan menggunakan ritme jantung Anda sebagai kunci pengaman.
Dompet Kertas (Paper Wallets)
Ada beberapa sites yang menawarkan layanan dompet kertas Bitcoin. Sites tersebut akan mengenerate sebuah alamat Bitcoin dan gambar yang berisi dua kode QR, satu adalah alamat publik yang bisa Anda gunakan untuk menerima Bitcoin, yang satu lagi ialah kunci privat yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan Bitcoin yang tersimpan dalam alamat tersebut.
Keuntungan dari dompet kertas yang dibuat dengan benar adalah kunci privat (private keys) yang tidak disimpan secara digital.

Apakah dompet Bitcoin aman?
Aman atau tidaknya dompet tergantung bagaimana Anda memanagenya. Private keys yang tersimpan di domper Anda adalah satu-satunya cara untuk mengakses data transaksi yang tersimpan di sebuah alamat Bictoin. Jika Anda menghilangkan private keys tersebut, Anda akan kehilangan Bitcoin yang Anda miliki, jadi Bitcoin akan aman selama tidak ada orang yang mengakses private keys Anda, dan selama private keys tersebt tidak hilang.

Apakah dompet Bitcoin anonymous?
Di satu sisi, Bitcoin sepenuhnya anonymous, di sisi lain, Bitcoin sepenuhnya transparan dan bisa dilacak. Fakta ini membuat penggunaan Bitcoin sering disebut pseudonymous.

Bagaimana saya bisa mengamankan dompet yang saya miliki?
Ada beberapa cara untuk membuat dompet bitcoin Anda lebih aman:
- Enkrispi
Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan dompet yaitu dengan menenkripsinya dengan menggunakan password yang sulit. Ini membuat siapapun sulit untuk mengakses dompet Anda, tapi tidak berarti tidak mungkin. Jika komputer Anda terinfeksi malware, pencuri bisa saja merekam semua keystrokes untuk menemukan password Anda.
- Back up
Jika Anda menyimpan private keys di satu dompet, tapi dompet tersebut rusak/corrupted, Anda akan kehilangan private keys Anda. Membackup dompet digunakan untuk menyalin private keys Anda, hal yang penting dilakukan ialah membackup keseluruhan dompet Anda di berbagai tempat berbeda dan menjaganya tetap aman dari orang lain.
- Gunakan multisig
Jumlah layanan yang mendukung transaksi multisignature mengalami peningkatan. Alamat-alamat Multi-signature memperbolehkan beberapa pihak/orang untuk secara sebagian mengakses dompet dengan kunci umum (public key). Pada saat seseorang ingin menghabiskan sejumlah Bitcoin, dia memerlukan beberapa pihak/orang tadi untuk memparaf /sign trasnsaksi mereka. Jumlah signatures yang diperlukan telah disetujui sebelum orang-orang tersebut membuat alamat Bitcoin.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
10 October 2017 at 11:18 delete

Bagaimana cara memasukkan saldo dari wallet bitcoin kita ke saldo wallet blockchain

Reply
avatar